Joomla Templates and Joomla Extensions by ZooTemplate.Com

Wakil Rakyat Minta Gelorakan Gerakan Berwisata

Pamekasan,(Senin, 26-11-2017) - Objek wisata di…

Wakil Rakyat Minta Gelorakan Gerakan Berwisata Wakil Rakyat Minta Gelorakan Gerakan Berwisata

Wabup Pamekasan Launching Pembukaan Hari Jadi Pamekasan

Pamekasan (17-10-2017) - Pemerintah Kabupaten Pamekasan…

Wabup Pamekasan Launching Pembukaan Hari Jadi Pamekasan Wabup Pamekasan Launching Pembukaan Hari Jadi Pamekasan

Sedot APBD, Destinasi Wisata Pamekasan Tak Sumbang PAD

Pamekasan, (Selasa, 26-09-2017). Kepala Dinas Pariwisata…

Sedot APBD, Destinasi Wisata Pamekasan Tak Sumbang PAD Sedot APBD, Destinasi Wisata Pamekasan Tak Sumbang PAD

8 Tempat Wisata Ciamik di Pamekasan

Disparibud (Kamis, 31 Agustus 2017). Pamekasan…

8 Tempat Wisata Ciamik di Pamekasan 8 Tempat Wisata Ciamik di Pamekasan

Sejarah Musik Patrol atau Ul Daul Khas dari Pulau Madura

Musik Patrol atau Ul Daul sendiri adalah salah satu jenis musik Madura yang dulunya berfungsi untuk membangunkan warga saat jam makan sahur tiba. Musik Tongtong ini jika didengarkan sangat menarik, memiliki irama harmonis ketika dimainkan secara bersama. Musik ini dimainkan dengan tidak mengutamakan hasil suara yang nyaring, melainkan mengutamakan pada harmonisasi suara dari bermacam jenis alat musik yang digunakan pemain untuk ditabuh

aat dimainkan oleh para pemain, musik Tongtong selain dalam bentuk instrumen,juga dilengkapi dengan nyanyian. Lagu-lagu yang dinyanyikan biasanya secara bersama-sama dengan lagu-lagu Madura, seperti Olle Olang, Pajjar Lagghu, serta lainnya dalam bentuk MP3 dan kadang pula dinyanyikan dengan lagu-lagu qosidah.

 
Setiap satu kelompok pemain musik Tongtong ini rata-rata terdiri dari 15 pemain, yang setiap malam berkeliling kampung atau desa untuk membangunkan warga sambil membunyikan alat kentungan yang mereka bawa. Tidak jarang juga di kelompok pemain musik Tongtong ini terdapat anak kecil yang berpartisipasi ikut berkeliling.
 
Selain membawa kentungan yang terbuat dari bambu, para pemain musik ini juga membawa alat musik buatan seperti botol galon air minum, panci, kaleng-kaleng bekas berukuran besar dan untuk parade biasanya ditambahkan alat instrumen drum band. Para pemain musik Tongtong ini biasa berkeliling kampung selama satu jam, keberadaan mereka sangat membantu warga kampung untuk tidak telat bangun sahur.
 

Dari Musik Tongtong Kampung Menjadi Parade Musik

 
Tradisi musik Tongtong atau musik patrol ini selalu berhasil menarik perhatian warga sehingga berubah menjadi sebuah parade musik yang setiap tahun diadakan. Beberapa hari yang lalu di Kota Bangkalan diadakan parade musik patrol oleh Polres Bangkalan dan Pemerintah Daerah Bangkalan.
 
Kegiatan parade musik ini akan diselenggarakan secara rutin setiap bulan ramadhan tiba. Hal tersebut disampaikan oleh Bapak Kapolres Bangkalan dihadapan semua warga Bangkalan yang malam itu ramai-ramai datang ke alun-alun untuk melihat langsung kemeriahan musik patrol ini.

Popular Cities

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Donec pharetra suscipit

Local Info

Donec sit amet neque et magna lacinia elementum nec porta magna in metus nunc

Town Square

Cras volutpat sagittis gravida. Phasellus ut enim sem, in viverra justo.

GREEN Blue Orange BACK TO TOP