Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pamekasan menggelar audisi pemilihan Kacong Cebbhing serta Putra Putri Batik Pamekasan yang digelar secara bersamaan di Pendopo Budaya Pamekasan, Minggu, 27 September 2020.

Acara yang diikuti oleh pemuda dan pemudi Pamekasan ini jauh meningkat jumlahnya dibandingkan tahun-tahun sebelumnya yang biasanya ada dikisaran seratusan peserta untuk tahun ini kurang lebih 223 orang mendaftar untuk mengikuti audisi.

Pada audisi kali ini untuk seluruh peserta maupun panitia diwajibkan untuk mematuhi protokol kesehatan yang ada guna mencegah penyebaran virus covid 19. Hal ini terlihat dari digunakannya masker oleh peserta dan panitia serta dilakukan pengecekan suhu tubuh sebelum peserta memasuki tempat audisi.

Kegiatan ini diselenggarakan untuk memilih duta wisata serta batik yang nantinya akan memperkenalkan wisata serta batik Pamekasan di tingkat Nasional maupun Internasional.

“Saya ingin merubah mindset masyakarat tentang Kacong Cebbhing dan Putra Putri Batik yang selama ini hanya dianggap sebagai penerima tamu ketika ada acara kedinasan, sehingga nantinya juga berperan untuk mempromosikan wisata dan batik Pamekasan,” tutur Plt. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pamekasan, Ir. Nurul Widiastuti.

Kegiatan ini nantinya akan berlanjut ke Grand Final yang akan dilaksanakan pada tanggal 9 dan 10 Oktober 2020 di Lapangan Mandhapa Agung Ronggosukowati, untuk memilih tiga besar dari Kacong Cebbhing dan Putra Putrik Batik Pamekasan 2020.