Pemerintah Kabupaten Pamekasan melalui Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan menggelar Grand Final pemilihan Kacong – Cebbing Pamekasan 2019 di halaman Pendopo Ronggosukowati, Sabtu (03/08/19) malam. 

Malam grand final tersebut dibuka oleh Sekdakab Pamekasan H. Totok Hartono yang juga dihadiri Forkopimda, kepala OPD, tokoh masyarakat, dan ratusan masyarakat.

Totok Hartono yang membacakan sambutan Bupati Pamekasan mengatakan pemilihan Kacong – Cebbing ini untuk mencari putra putri terbaik Pamekasan yang akan menjadi duta wisata. “Mereka diharapkan mampu meningkatkan kunjungan para wisatawan di Pamekasan,” ujar mantan Kadis PUPR tersebut.

Untuk itu, Totok berharap dewan juri cermat dan selektif dalam proses pemilihan duta wisata ini. “Sehingga benar-benar terpilih Kacong Cebbing yang beretika, duta wisata terbaik yang memiliki tanggung jawab sebagai pewaris budaya Madura, khususnya Pamekasan,” tegasnya.

Dalam kesempatan itu, Totok juga berpesan kepada Kacong Cebbing terpilih untuk memahami dan mempelajari dengan baik kekayaan budaya Madura.

Acara yang merupakan agenda tahunan Pemkab Pamekasan kali ini mendatangkan para juri yang sangat kompeten di bidangnya, di antaranya Embran Nawawi yang merupakan designer atau fashion conceptor yang sering memakai Batik Pamekasan menjadi karyanya. Kemudian Lintu Tulistiantoro yang merupakan ketua Komunitas Batik Jawa Timur (Kibas), dan Enni Srirahayuningsih doktor di bidang pariwisata.

sumber